Tips & Tutorial

Cara Kerja Ransomware, Bagaimana Sistem Penyerangannya?

Ransomware dan Serangannya

Ransomware adalah jenis serangan komputer yang telah mendominasi banyak media dalam beberapa tahun terakhir. Serangan ini dapat menyebabkan kerugian signifikan, dengan pengguna yang kehilangan akses ke data mereka. Namun, banyak orang masih bingung dan tidak mengetahui tentang bagaimana cara kerja ransomware. Jadi, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai ransomware dan bagaimana ia bekerja. Simak dan baca hingga akhir, ya!

Baca juga: Apakah Ransomware Bisa Menyerang Google Drive?

Cara Kerja Ransomware

Pada dasarnya, ransomware adalah jenis malware yang dapat mengenkripsi data yang disimpan di komputer Anda. Cara kerja ransomware adalah sebagai berikut, setelah data dienkripsi, pengguna tidak akan dapat mengaksesnya. Sebuah pesan akan ditampilkan yang mengatakan bahwa pengguna harus membayar tebusan jika mereka ingin mendapatkan kembali akses ke data mereka. Jumlah yang diminta biasanya bervariasi, tergantung pada jenis ransomware yang digunakan.

Setelah pengguna menerima pesan, mereka harus membayar tebusan agar dapat mendapatkan kunci enkripsi. Setelah itu, ransomware akan menggunakan kunci ini untuk membuka data yang dienkripsi. Proses ini berlangsung secara otomatis dan data akan tersedia kembali untuk pengguna.

Namun, penting untuk diingat bahwa pembayaran tebusan tidak menjamin bahwa data akan dikembalikan. Jika virus ransomware terdeteksi, banyak organisasi yang akan menyarankan untuk tidak membayar tebusan dan melakukan pemulihan data dengan cara lain.

Ransomware juga memiliki cara kerja yang berbeda-beda tergantung pada varian virus yang diberikan. Salah satu cara yang digunakan adalah Remote Desktop Protocol (RDP) pada varian Ryuk, cara kerjanya adalah dengan pengiriman email spear phishing atau dengan menggunakan kredensial pengguna yang disusupi untuk masuk ke sistem perusahaan menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP). Setelah sistem terinfeksi, Ryuk mengenkripsi jenis file tertentu lalu hacker akan meminta uang tebusan pula setelahnya. Lalu ada Cerber ransomware yang juga memiliki cara berbeda dalam penyerangannya yaitu dengan mengadopsi algoritma enkripsi tiga tingkat. Langkah pertama adalah mengenkripsi kunci RSA yang dibuat secara acak oleh algoritme RSA dengan kunci RSA bawaan. Langkah kedua adalah mengenkripsi kunci RC4 yang dibuat secara acak oleh algoritma RSA dengan kunci RSA yang dibuat secara acak. Setelah itu, langkah ketiga adalah mengenkripsi file pribadi korban dengan algoritme RC4 dengan kunci RC4 yang dibuat secara acak.

Lalu ada bruto force attack yaitu serangan yang dilakukan dengan cara menggunakan trial-and-error untuk menebak info login, kunci enkripsi, atau menemukan halaman web tersembunyi. Hacker bekerja melalui semua kemungkinan kombinasi dengan harapan dapat menebak dengan benar. Bruto force attack memiliki banyak tipe yaitu dictionary attack, reverse bruto force attack, credential stuffing, dan rainbow table attack. Semua tipe tersebut memiliki cara tersendiri untuk menginfeksi perangkat korban.

Itulah cara kerja ransomware. Meskipun serangan ini dapat menyebabkan kerugian signifikan, penting untuk diingat bahwa ada langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencegah serangan ini. Misalnya, pastikan untuk membuat cadangan data secara teratur dan menjaga keamanan jaringan Anda dengan menggunakan pembaruan perangkat lunak yang tepat.

Hal yang Harus Dilakukan

Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan ransomware yang terlanjur masuk ke dalam perangkat kita? Tentunya harus dilakukan dekripsi untuk mengembalikan data Anda yang terkena serangan ransomware dari hacker. Di mana dapat menemukan dekripsi untuk data Anda? Anda dapat menggunakan jasa decrypt yang terpercaya yang mengetahui cara kerja ransomware dengan tepat dan pasti. Salah satu jasa yang terpercaya dapat mengembalikan data anda serta menghilangkan ransomware dari perangkat anda dengan presentase 100% adalah Digipedia! Digipedia dijamin mampu mengembalikan data dan menghilangkan ransomware di perangkat anda secara keseluruhan. Anda dapat mendapat garansi serta konsultasi gratis apabila ingin memulai dekripsi perangkat Anda. Hubungi tautan di bawah ini untuk info lebih lanjut!

Kunjungi juga: Sample Data yang Telah Berhasil di-Decrypt oleh Digipedia!

cara kerja ransomware jasa decrypt jasa recovery data phobos elbie stop djvu

Leave your thought here