Blog

Tak Berkategori

Risiko Pakai VPN Gratis, Hati-hati Data Bisa Bocor!

Risiko Pakai VPN Gratis, Hati-hati Data Bisa Bocor!

Risiko Pakai VPN Gratis, Hati-hati Data Bisa Bocor! – Seiring berjalannya waktu, VPN sering dibutuhkan oleh banyak orang. Dulu mungkin kegunaannya sedikit, tapi sekarang sudah cukup banyak. Salah satunya bisa digunakan sebagai alat untuk mengoneksikan internet di hp dengan aman. Pengguna bisa memanfaatkan secara gratis dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Bisa melalui browser atau Google PlayStore. Namun, tidak semua yang gratis ternyata aman. Beberapa di antaranya ada yang justru menimbulkan masalah karena bisa menyebabkan kebocoran data.

Pengertian VPN

Sebelum membahas lebih dalam tentang VPN, lebih baik ketahui dulu apa pengertiannya. Jadi, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang berarti sebuah jaringan virtual pribadi. Dalam penggunaannya untuk berselancar internet, VPN berperan sebagai pengaman yang bisa menjaga privasi hingga data pengguna. 

Dengan kata lain, VPN yang digunakan dalam perangkat, seperti komputer, laptop, atau handphone, dapat membantu pengguna menjaga keamanan privasi ketika sedang mengakses informasi di internet. Saat ini sudah banyak VPN yang gratis sehingga pengguna tidak perlu membayar ketika memakainya. Namun, pengguna harus berhati-hati untuk menggunakan VPN gratis karena mungkin kebocoran data tetap bisa terjadi.

Cara Kerja

Cara kerja VPN sebetulnya membuat jaringan di dalam jaringan. Orang-orang biasa menyebutnya dengan tunneling. Peran yang bisa dirasakan, pengguna bisa memiliki koneksi secara privat sekaligus bisa mengakses dengan mudah situs yang diblokir.

Pada saat mengakses internet, secara otomatis kemudian akan terhubung ke ISP. Itu berarti website yang pengguna akses bisa dipantau oleh ISP tersebut. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika Anda menggunakan VPN. 

Hati-hati Pakai VPN Gratis

Meskipun jadi solusi keamanan dalam berselancar di internet, tetapi VPN juga bisa membahayakan. Terlebih maraknya VPN tidak berbayar alias gratis yang terkadang memiliki risiko bagi penggunanya. 

Salah satunya jika pakai VPN gratis, pengguna bisa sering menemukan iklan ketika sedang browsing. Hal itu tentu menjadi hal yang cukup menyebalkan karena dapat mengganggu. Meski hanya iklan, Anda perlu mewaspadai hal ini. Sebab, saat ini hacker sudah semakin pintar menyerang perangkat melalui beragam cara. Salah satunya para hacker bisa menyerang perangkat dengan mengirim berbagai virus dari iklan-iklan tersebut.

Risiko Pakai VPN Gratis

Selain sering mendapat iklan ketika browsing, keamanan perangkat para pengguna VPN gratis pun bisa terancam. Beberapa studi menyebut, aplikasi VPN gratis yang ada saat ini sudah ada yang terinfeksi malware. Jadi, pengguna harus berhati-hati ketika pakai VPN gratis terhadap risiko yang akan muncul salah satunya terkait kebocoran data. Perlu tahu, penyedia layanan VPN gratis menggunakan IP address komputer sebagai Network Endpoint. Itu termasuk salah satu penjualan bandwith. Adanya hal ini, alamat IP bisa dibocorkan.

Meskipun memang terkadang aman, tapi itulah risikonya. Selain itu, ada lagi risiko lainnya jika pakai VPN gratis. Biasanya sebuah aplikasi VPN gratis yang tidak berbayar memiliki banyak iklan dalam penggunaannya. Mengingat para hacker meretas perangkat seseorang dibungkus dengan iklan, VPN gratis juga berisiko membuka celah virus untuk menginfeksi perangkat.

Salah satunya ransomware yang kini semakin tren menyerang jutaan korban. Jenis malware ini sangat merugikan banyak orang. Sebab, data korban di dalam perangkat yang terinfeksi ransomware akan terkunci dan tidak bisa dibuka dan digunakan. Korbannya pun beragam, ada yang merupakan individu, data perusahaan, data usaha, dan lainnya. Nantinya peretas akan meminta tebusan kepada korban dengan iming-iming data akan kembali. Padahal, itu hanya salah satu cara hacker mendapatkan cuan. Yang sebenarnya data tidak kembali dan korban akan rugi karena telah memberikan uang dengan nominal yang tidak sedikit.

Jasa Cegah Serangan Ransomware Digipedia

PromoDisc Up to 15%  untuk metode cluster 1 dan 2 promo hanya sampai akhir tahun
Contoh Gameshttps://ransom.pt-dgi.com/. https://docs.google.com/spreadsheets/d/1y9VVvk-eahtRCVUtwWi0rqEyrKZKtr1UkITcQwcXyA8/edit?usp=sharing
https://youtu.be/NAmQ8ziaeA4
Bebas Pilih MetodeBebas memilih metode.1 Metode Remote. 2 Metode Reading, 3 Metode Cryptografy
Waktu ProduksiWaktu Restore data berbeda beda mulai dari 1 hari hingga 1 minggu.
Keunggulan  Restore kamiMengembalikan data anda yang terkunci seperti semulaMemberikan garansi pada setiap metodenyaKeakuratan pengembalian data andaProses pengerjaan cepatBanyak metode pilihan dan jenis ransomware yang bisa kami perbaikiHarga yang ditawarkan lumayan terjangkau dan negoable
Keunggulan digipediaPenyedia jasa perbaikan ransomware nomer 1 di indonesia. Tim decrypt dilakukan oleh tenaga profesional developer yang sudah bersertifikat lembaga resmi dicoding, AWS, hingga Google SDC antar negara.pembayaran yang dapat dicicil tanpa bunga bisa negosiasi hargaSudah banyak membantu individu bahkan perusahaan dalam mengembalikan data yang terkuncimemberikan maintenance dan customer support aftersales tak terbatas 

Penulis: Aprilia Wahyu

https://youtube.com/shorts/gXji0hVT4V4?feature=share

Leave your thought here